Home » Kesehatan » Kenapa Belum Hamil? 5 Hal Pemicu Ketidaksuburan Perempuan

Kenapa Belum Hamil? 5 Hal Pemicu Ketidaksuburan Perempuan

Kenapa sih saya Belum Hamil ? pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang kadang ditanyakan bagi pasangan pasutri yang baru menikah, wajar memang, namun perlu diketahui untuk para wanita tentang alasan mengapa sampai saat ini mereka belum haml walau sudah intensif berhubungan sex. ada 5 Hal yang menjadi Penyebab Ketidaksuburan pada Perempuan, Mengenai Masalah kesuburan ini memang merupakan salah satu isu yang lumayan sensitif bagi sebagian besar perempuan. Hal ini terjadi terutama bagi para wanita yang ternyata memiliki masalah pada organ reproduksi.

Karena hal diataslah maka ada  suatu poin yang penting bagi Anda terutama para kaum wanita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menjadi pemicu ketidaksuburan. Seperti yang sudah dinyatakan oleh Doktor Geoffrey Sher pada acara Oprah.com, oiya untuk sekedar informasi, Doktor Geoffrey Sher adalah pendiri Sher Institutes of Reproductive Medicine, Doktor Geoffrey sher adalah orang yang telah mengembangkan beberapa metode pengobatan dan beberapa penelitian tentang reproduksi, dan pada kesimpulannya mengungkapkan bahwa ada lima hal yang paling umum yang menjadi pemicu terjadinya ketidaksuburan pada wanita.

1. Rusak atau tertutupnya tuba fallopi
Pada poin pertama ini adalah terjadinya rusak/tertutupnya tuba fallopi, Alasan mengapa hal ini dapat menyebabkan kemandulan./ketidaksuburan pada wanita adalah karena hal ini nantinya dapat menghambat bertemunya sel telur dan sel sperma, dan karena hal ini pastinya akan menyebabkan pembuahan akan sulit terjadi. Salah satu penyebab terjadi nya rusak/tertutupnya tuba fallopi adalah karena adanya penyakit menular seksual, misalnya saja seperti penyakit chlamydia dan gonorrhea.

2. Endometriosis
Endometriosis merupakan kondisi dimana ketika lapisan pada rahim ternyata tumbuh di bagian luar rahim, dan hal ini adalah salah satu hal yang menyebabkan adanya jaringan parut, bisa juga menjadi nyeri dan perdarahan yang berat,  dan juga ternyata dapat merusak tuba falopi dan ovarium pada wanita. Adanya kemunculan jumlah endometriosis yang sangat minim pada panggul ternyata di perkirakan dapat mempengaruhi kesuburan, hal ini terjadi karena adanya zat beracun yang dihasilkan dan berakibat dapat mengurangi peluang sel telur dapat dibuahi oleh sel sperma

3. Kerusakan ovarium
salah satu penyebab infertilitas salah satunya karena adanya ovarium yang rusak. Penyakit yang muncul seperti penyakit radang panggul atau penyakit endometriosis, ternyata diyakini dapat membuat ovarium berada pada posisi yang tidak normal atau bisa dikatakan akan menjadi suatu penghalang, karena hal inilah maka kemampuan untuk “mengambil” telur selama terjadinya ovulasi menjadi berkurang.

4. Ovulasi yang tidak normal
Ovulasi yang tidak normal ternyata diyakini juga menjadi salah satu penyebab umum dari ketidaksuburan pada perempuan. Bahkan ada beberapa wanita yang ternyata tidak berovulasi sama sekali. Sementara itu ada juga kasus lain yang mengatakan bahwa ada juga yang bahkan berovulasi terlalu dini, atau bisa juga terlalu  terlambat berovulasi dalam siklus mereka, hal ini diyakini dapat menjadi pengaruh terjadinya dan bertahannya kehamilan. Untuk para wanita, biasanya tingkat kesuburan mereka akan mulai berkurang setelah mereka menginjak usia 35. Selain itu, diyakini juga ternyata kualitas dari sel telur dapat menurun, hal ini terjadi seiring  dengan bertambahnya umur,semakin tua maka diyakini kapasitas dari meiosis telur akan menjadi berkurang.

Kualitas dari sel telur pada wanita merupakan salah satu penentu utama  berhasil atau tidaknya terjadi kehamilan. Kadang seorang wanita diyakini tidak dapat hamil karena adanya penyakit, adanya operasi atau bisa juga karena adanya infeksi yang telah merusak lapisan yang ada pada rahimnya. Kerusakan yang terjadi bisa diakibatkan oleh adanya jaringan parut atau tumor, misalnya saja seperti fibroid, ada fibroid ini diyakini juga dapat mengurangi perkembangan embrio.

5. Bentuk dan ukuran rahim yang tidak normal
Ada juga kasus lain yaitu dimana adanya kelainan pada ukuran rahim dan juga kelainan pada bentuk rahim, kelainan-kelainan ini ternyata  juga dapat menjadi  penyebab masalah ketidaksuburan pada wanita. Dalam beberapa kasus ternyata ada juga wanita yang dilahirkan dengan bentuk rahim yang abnormal, hal ini biasanya menjadi suatu akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu  yang dikonsumsi selama ibu mereka hamil. Salah satu contoh klasik yang pernah terjadi adalah gangguan pada rahim memiliki ‘bentuk T’, pada kasus ini yang terjadi adalah ukuran rahim dan ukuran rongga rahim memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada ukuran rahim yang normal pada wanita umumnya. (adi)





Tag:penyebab belum hamil, penyebab wanita belum hamil, mengapa belum hamil, kenapa tidak hamil, tidak berovulasi, bentuk rahim normal, kenapa belum hamil

commentscomments

  1. [...] Kenapa sih saya Belum Hamil ? pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang kadang ditanyakan bagi pasangan pasutri yang baru menikah, wajar memang, namun perlu diketahui untuk para wanita tentang alasan mengapa sampai saat ini mereka belum haml walau sudah intensif berhubungan sex. ada 5 Hal yang menjadi Penyebab Ketidaksuburan pada Perempuan, Mengenai Masalah kesuburan [...] Hasi Aulia’s Weblog [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons