Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni)

Ponsel android memang sudah dikenal sebagai ponsel yang bisa menjalankan berbagai aplikasi yang didownload dari play store. Namun, beberapa merk android salah satunya Xiaomi tidak bisa menginstal beberapa aplikasi karena setting default ponselnya tidak mengijinkan. Nah, bagi Anda yang menginginkan ponsel android Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi, Anda perlu melakukan rooting dimana Anda dapat menghilangkan setting pabrik sehingga bisa berbagai aplikasi bisa diinstal dan digunakan. Setiap redmi dengan series yang berbeda maka cara rootingnya bisa berbeda-beda pula. Bagi Anda yang ingin melakukan proses rooting untuk redmi series 4X, simaklah tutorial cara install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) berikut ini.

Cara Mudah Install TWRP dan Root Xiaomi Redmi Series 4X (Santoni)

Bagi Anda yang pernah melakukan proses rooting pada ponsel mungkin cara-cara yang akan dibahas kali ini sudah tidak asing lagi. Baik itu cara penginstalan ataupun bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum proses rooting dilakukan. Namun bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan proses rooting secara mandiri, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan agar rooting ponsel berhasil.

 

Terdapat syarat penting dalam melakukan proses rooting Xiaomi, yaitu Anda harus sudah menginstal TWRP pada redmi yang Anda gunakan. TWRP yang diinstal haruslah sesuai dengan tipe redmi yang digunakan karena jika tidak aplikasinya tidak akan berjalan. Sebelum menginstalnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi dari TWRP xiaomi redmi 4X. Fungsi TWRP xiaomi redmi 4X di antaranya adalah untuk backup android, backup pc, backup ROM, install ulang, flash ROM, backup modem, install Xposed, isntal super SU, dan flash custom ROM.

Untuk tutorialnya langsung saja, ikuti cara install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) berikut ini:

  1. Untuk dapat menginstal TWRP dan melakukan root, Anda perlu mengerti dengan beberapa persyaratannya. Syarat-syaratnya adalah yang pertama pastikan redmi Xiaomi 4X yang Anda gunakan sudah di unblock bootloader atau biasa disingkat UBL. Jika belum silahkan ikuti langkah-langkah mudah untuk unblock bootloader redmi 4X. Syarat yang kedua adalah memback up data-data penting pada ponsel karena setelah proses root selesai, data-data Anda yang tersimpan di memori internal akan hilang. Dan yang terakhir, jika proses root tidak berhasil Anda perlu mengetahui mungkin ada langkah yang tidak sesuai atau terlewat. Sehingga saat mengikuti langkah-langkah penginstalan Anda perlu berhati-hati dan teliti.

 

  1. Setelah mengerti dengan persyaratannya, tahap yang selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan saat menginstal TWRP dan root Xiaomi redmi 4X. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah “ Minimal ADB and Fastboot” aplikasi ini sangat diperlukan karena berguna untuk install TWRP. Untuk menginstalnya, silahkan download aplikasi tersebut terlebih dahulu lalu install di laptop atau pc yang menggunakan windows.

  1. Aplikasi ini bisa digunakan pada windows 32 bit ataupun windows 64 bit. Bahan yang harus didownload lainnya adalah TWRP Santoni, aplikasi ini adalah aplikasi TWRP khusus untuk redmi tipe 4X. Dan jika Anda ingin melakukan rooting, yang harus Anda siapkan adalah SuperSU redmi 4X. setelah didownload pindahkan file tersebut ke memori internal ponsel yang akan diroot.

  1. Jika syarat dan semua bahan untuk cara install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) sudah disiapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi “minimal Adb and fastboot” pada laptop atau pc Anda. Jika sudah diinstal, extract file TWRP redmi 4X dengan cara klik kanan lalu pilih “extract here”. Hasil extractnya adalah recovery.img. setelah itu copy dan paste file tersebut ke program files. Untuk yang menggunakan windows 64 bit copy paste file ke C:\ program files (86) \ Minimal adb and fastboot. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan windows 32 bit copy paste file ke C: \ program files\ minimal adb and fastboot.

 

  1. Jika sudah, langkah berikutnya adalah pada redmi 4X yang Anda akan root, masuklah ke menu pengaturan, klik about phone, kemudian tekan MIUI version 7 kali dengan cepat. Kemudian kembali ke pengaturan, klik pengaturan tambahan/ additional setting, klik opsi pengembangan, lalu aktifkan USB debugging. Setelah itu, matikan ponsel Xiaomi Anda dengan cara menekan tombol power + volume down secara bersamaan dan tahan sebentar hingga mucul fastboot mode.

 

  1. Hubungkan ponsel xiaomi 4X Anda ke pc atau laptop menggunakan kabel USB yang sesuai. Kemudian jalankanlah aplikasi “ Minimal Adb and Fastboot” yang sudah didownload dan diinstal pada pc/ laptop. Pada Minimal Adb Fastboot ketikan perintah “ fastboot flash recovery recovery.img” tanpa tanda kutip, lalu tekan enter. Jika sudah ketikan lagi perintah “ fastboot boot recovery.img” dan enter. Dengan cara ini ponsel Anda secara otomatis akan masuk ke mode TWRP. Untuk cara manualnya, Anda bisa melakukannya dengan menekan tombol volume up + power secara bersamaan dan pilih recovery. Jika muncul warna biru dan hijau, tekan pilihan yang sebelah kiri.

 

  1. Jika sudah maka proses install TWRP pada redmi 4X Anda sudah selesai. Untuk keluar dari mode TWRP tekan reboot, lalu klik system

Jika install TWRP xiaomi 4X sudah berhasil dilakukan, bagi Anda yang ingin langsung melakukan proses root lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Langkah yang pertama adalah pindahkan file SuperSU yang sudah didownload ke memori internal redmi 4X yang akan di root. Anda juga bisa menggunakan memori eksternal ataupun USB OTG. Pada redmi 4X masuklah ke TWRP mode dengan menekan tombol volume up + power secara bersamaan, pilih recovery, dan tekan pilihan sebelah kiri jika muncul warna biru dan hijau.

 

  1. Pada mode TWRP, tekan install, klik cari dan klik SuperSu, kemudian swipe ke kanan pada swipe to confirm flash. Setelah proses flashing selesai lakukan reboot system. Selesai.

Proses install root memang tak bisa dilakukan jika belum menginstal TWRP. Untuk itu agar rooting ponsel redmi 4X berhasil Anda harus menginstal TWRP yang sesuai dengan redmi yang digunakan. Demikianlah tutorial lengkap mengenai cara install TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni). Semoga bermanfaat.

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Instal TWRP dan Root Xiaomi Redmi 4X (Santoni) | Fiscias Play | 4.5