Cara Mudah melakukan instal TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro

Redmi Note 3 Pro merupakan salah satu produk terkenal besutan Xiaomi. Seri ponsel tersebut sangat laris di pasaran Indonesia dan membuat banyak pengembang untuk membuat custom rom, tweak, atau twrp mod. Dan salah satu software yang menjadi hal wajib untuk dipasang di ponsel pintar Redmi Note 3 Pro adalah TWRP. TWRP sendiri merupakan salah satu software yang bisa mempermudah proses backup memori, install, dan wipe. Aplikasi ini bisa menggantikan recovery tool bawaan produsen HP yang mampu memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna ponsel. Bahkan karena kegunaannya yang sangat banyak, TWRP direkomendasikan untuk dipasang ke semua jenis dan tipe ponsel. Akan tetapi yang menjadi kendala adalah banyak orang tidak mengetahui bagaimana cara instal TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro.

 

Cara Mudah Menginstal TWRP ZCX

Sebelum melakukan pemasangan TWRP sebaiknya Anda memahami cara instal TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro supaya tidak terjadi error. Karena jika terjadi error, Anda harus bekerja dua kali untuk membenahinya. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan instal TWRP adalah sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah unlock bootloader yang ada di ponsel pintar Anda. Karena jika bootloader tidak di unlock, proses instalasi pasti tidak akan berhasil. Pastikan ponsel full charged atau paling tidak 50% daya baterai karena jika daya tidak mencukupi maka proses instalasi bisa terputus dan gagal. Dan jangan lupa untuk menyediakan komputer untuk membantu proses pemasangan.

 

  1. Kemudian, unduhlah aplikasi TWRP ZCX, fastboot, dan minimal ADB. Dan jika sudah terunduh semua file tersebut, instal terlebih dahulu minimal ADB dan fastboot.

  1. Selanjutnya, aktifkan USB debugging Xiaomi dengan cara masuk ke pengaturan HP. Setelah itu, extract TWRP yang sudah di unduh sebelumnya. Copy file ZCX-kenzo yang ada di dalam folder dan pindahkan ke Win 32bit: drive C>program file>minimal ADB dan fastboot atau Win 64bit drive C>program file>minimal ADB(x86) dan fastboot. Kemudian ganti nama file dari yang awalnya ZCX-kenzo menjadi recovery.

 

  1. Langkah selanjunya adalah matikan HP dan masuk ke program fastboot dengan cara menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan. Kemudian akan muncul fastboot mode. Setelah itu salurkan HP dengan PC menggunakan kabel USB.

 

  1. Jalankanlah aplikasi minimal ADB dan fastboot yang seharusnya aplikasi tersebut ada di desktop. Setelah itu, jika sudah dibuka, ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img. jika sudah selesai ketikan kembali fastboot boot recovery.img. Apabila meminta password maka tekan tombol cancel. Jika proses sudah selesai, maka secara otomatis HP Xiaomi akan masuk ke aplikasi TWRP. Dan tunggulah sebentar.

  1. Akan muncul checklist pada aplikasi TWRP never show this screen during reboot again lalu geser ke kanan menu swipe to allow modification (geser untuk mengijinkan modifikasi).

 

  1. Dan selesai. Hidupkan kembali ponsel. Dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro sudah bisa menggunakan TWRP ZCX.

 

Dengan pemasangan aplikasi TWRP, pengguna ponsel pintar tidak perlu lagi repot-repot untuk masuk menggunakan miflash untuk pindah ROM. Kelebihan-kelebihan lain yang ditawarkan oleh TWRP antara lain:

 

  1. Pemasangan dolby akan lebih mudah.
  2. Tampilan lebih menarik pastinya dibandingkan dengan tampilan TWRP official yang masih terkesan biasa-biasa saja.
  3. Pilihan backup lebih bervariasi.
  4. Terhubung langsung dengan SuperSU sehingga dapat mempermudah proses rooting.
  5. Sudah terintergrasi dengan sistem android Marsmallow dan Nougat.

Dengan segala kemudahan yang diberikan tadi maka siapa yang tidak akan tergiur ingin menggunakannya. Karena pasti akan sangat mempermudah saat menggunakan ponsel untuk menunjang aktivitas sehari-hari ataupun kerja. Proses backup memori yang tadinya harus ribet menjadi sangat mudah dan lebih mempunyai variasi pilihan dimana akan meletakkan dan menyimpan file. Dan pastinya akan terlihat berbeda dengan yang lain karena dari segi tampilan yang akan sangat menarik dan memanjakan mata pengguna dan siapa pun yang melihat. Jadi tidak heran jika pencita ponsel pintar sekarang ini menggunakan TWRP ZCX.

Dengan mengubah dan menambahi aplikasi yang ada di ponsel Anda, maka diharapkan akan semakin mudah untuk berkegiatan menggunakan HP. Tetapi dianjurkan tetap berhati-hati saat melakukan perubahan pada ponsel dan lakukan semua langkah dengan cermat untuk menghindari kesalahan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada ponsel. Karena jika hal tersebut sampai terjadi maka Anda juga akhirnya yang akan rugi. Bacalah terlebih dahulu panduan cara instal TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro dengan baik. Kemudian persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk membantu proses pemasangan TWRP ZCX. Semoga informasi yang diberikan bisa membantu Anda dalam mengembangkan fungsi ponsel pintar Anda.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Mudah melakukan instal TWRP ZCX Redmi Note 3 Pro | Fiscias Play | 4.5