Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan Mudah dan Cepat

Ketika membaca judul artikel ini, mungkin Anda bertanya-tanya mengenai istilah bootloader. Memang tidak banyak orang yang mengetahui tentang bootloader. Bahkan mungkin pemilik smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro sekalipun belum tentu mengetahuinya. Bootloader dapat diartikan secara sederhana sebagai perangkat lunak yang bertanggung jawab dalam menentukan program yang dimuat ketika smartphone dalam keadaan menyala. Fungsi bootloader sangat krusial. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan mudah.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan Mudah Untuk Orang Awam

Begitu pentingnya fungsi dari bootloader hingga beberapa produsen smartphone mengunci bootloader dalam rangka melindungi perangkatnya. Dengan adanya bootloader, maka sistem operasi yang dapat dimuat pada smartphone hanyalah yang terpercaya. Penguncian bootloader akan membuat orang awam merasa smartphone miliknya terlindungi. Namun, lain hal dengan mereka yang senang mengoprek smartphone miliknya karena pasti ingin melakukan unlock bootloader. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan mudah dalam bentuk poin-poin.

  1. Kondisi Baterai Lebih Dari 70%.

Perhatikanlah kondisi baterai smartphone Anda, jangan sampai kurang dari 70%. Apabila kondisi daya smartphone Anda kurang dari 70%, maka ada kekhawatiran proses yang sedang berjalan tidak akan bisa selesai. Terlebih lagi jika daya smartphone Anda hanya tinggal 30% namun tidak dilakukan pengecasan hingga akhirnya mati total.

 

  1. Smartphone Terhubung Dengan Sambungan Internet

Ada beberapa proses dalam melakukan unlock bootloader yang memerlukan sambungan ke internet. Salah satunya yaitu ketika melakukan download beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Jadi pastikan smartphone Anda telah terhubung dengan internet sebelum memulai proses unlock bootloader pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

  1. Memastikan Bootloader Dalam Keadaan Terkunci

Anda harus memasuki mode pengembang untuk dapat melihat status penguncian. Kemudian masuklah ke menu pengaturan, lalu periksa bagian sistem dan perangkat. Pilihlah menu setelan tambahan hingga muncul opsi pengembang dan buka mi unlock status. Pada halaman tersebut akan terlihat apakah smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro milik Anda masih terkunci atau tidak.

 

  1. Mendownload dan Mengekstrak Mi Flash

Sebelum memulai poses unlock bootloader, ada beberapa link yang harus di download dan salah satunya yaitu mi flash. Terdapat berbagai website yang menyediakan link download mi flash. Setelah berhasil mendownloadnya, ekstraklah file tersebut hingga dapat Anda jalankan.

 

  1. Melakukan Penginstalan ADB

Smartphone Xiaomi harus disambungkan terlebih dahulu pada laptop atau pc dalam mode homescreen. Kemudian download dan instal ADB driver pada laptop atau pc Anda. Ada berbagai situs yang menyediakan link untuk melakukan download ADB driver, namun pilihlah website resmi yang terpercaya.

  1. Menjalankan Mi Flash Unlock

Cara menjalankan mi flash unlock yaitu dengan melakukan log in menggunakan akun Xiaomi yang sebelumnya telah mendapatkan ijin untuk dilakukan unlock bootloader. Proses ini tidak bisa berlanjut tanpa adanya ijin dari pihak Xiaomi. Pemberitahuan mengenai diterima atau tidaknya permohonan untuk melakukan unlock bootloader pada smartphone android Xiaomi Redmi Note 3 Pro akan dikirimkan melalui sms.

 

  1. Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan oem unlock dan usb debugging pada smartphone Xiaomi Anda. Cara mengaktifkan oem unlock dan usb debugging yaitu dengan mengaktifkan developer option terlebih dahulu. Selanjutnya cukup dengan memilih aktifkan oem unlock dan usb debugging hingga muncul tulisan ok atau enable.

 

  1. Mengaktifkan Find Device

Aktifkan find devices dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih mi account. Tidak hanya find device smartphone yang perlu diaktifkan, namun pada pc atau laptop juga demikian. Bukalah website i.mi.com kemudian pilihlah tulisan find device yang terdapat pada halaman tersebut. Namun, Anda harus memastikan bahwa nomor handphone yang terdaftar sudah sama. Selain itu, pastikan juga lokasi keberadaan Anda telah terdeteksi dan sesuai.

 

  1. Masuk ke Fastboto Mode

Setelah semua tahapan sebelumnya telah dilakukan, maka matikan smartphone Xiaomi Anda agar dapat masuk ke fastboto mode. Caranya yaitu dengan menahan tombol volume down dan ower hingga muncul tulisan fastboto mode pada layar smartphone. Selanjutnya hubungkan smartphone Xiaomi dengan pc atau laptop dan jalankan mi flash unlock. Kemudian klik tulisan unlock pada layar dan tunggu hingga proses selesai.

 

Demikianlah pemaparan mengenai cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan mudah. Ada beberapa tahapan untuk melakukan unlock bootloader pada smartphone android Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Semua tahapan yang telah dipaparkan sebelumnya harus diikuti tanpa ada satu pun yang tertinggal. Jika ada satu tahapan yang tertinggal, maka dapat dipastikan bahwa proses unlock bootloader tidak akan berhasil.

 

Author: Fiscias Play

Tidak akan menyerah sebelum keinginan tercapai. Untuk mewujudkan itu, saya harus menahan rasa sakit dan merasakan pahitnya dunia. But, Enjoy for your live guys!!

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan Mudah dan Cepat | Fiscias Play | 4.5